Monday, March 15, 2010

TNOL SHOP: Gameboard Jack'$ Milyarder

Ada pertanyaan yang sangat tidak enak untuk dijawab: Adakah papan permainan yang benar-benar asli buatan Indonesia? Monopoli, Halma, Catur, Ludo, bahkan Ular Tangga bukanlah papan permainan asli Indonesia. Semuanya buatan bangsa lain. Jadi, selama ini, apa saja yang telah kita lakukan? Sehingga untuk sekadar membuat papan permainan saja kita tidak sempat. Atau... tidak mampu?
Kenyataan yang menyakitkan hati bagi orang-orang kreatif yang peduli. Tapi... toh, tetap saja belum ada papan permainan hasil karya anak negeri. Mengapa?

Untung ada Jack St. Kristanto, yang mau bersusah-payah memerah otak untuk menciptakan papan permainan, sehingga akhirnya kita bisa bilang: "Sekarang orang Indonesia sudah bisa bikin papan permainan, lho!" Walaupun... memang, saat ini baru satu yang dipasarkan, yaitu papan permainan yang diberi nama Jack'$ Milyarder. Tapi dalam waktu dekat, ada beberapa papan permainan lagi yang akan diluncurkan.

Apa itu Jack'$ Milyarder?

Jack'$ Milyarder adalah papan permainan jenis simulasi bisnis. Pola permainannya mirip dengan monopoli, akan tetapi unsur 'untung-untungannya' yang dalam bentuk lemparan dadu dihilangkan dari permainan ini. Sehingga dalam permainan ini yang diutamakan adalah kecerdasan dan pengendalian diri di dalam mengelola keuangan. Jadi, lewat permainan ini, para pemain akan belajar mengendalikan diri di dalam mengelola keuangannya, dan sekaligus juga mengatur strategi dalam berinvestasi.

Cara bermainnya terbilang mudah. Setiap kali main diperlukan 4 orang pemain, yaitu 1 orang sebagai Bandar yang dalam permainan ini disebut sebagai Jack'$ Milyarder, dan 3 orang lainnya sebagai pebisnis yang tugasnya berinvestasi dan menghimpun keuntungan sebesar-besarnya, agar dapat membuat Jack'$ Milyarder bangkrut dan mengambil alih posisinya sebagai Milyarder. Penjelasan lebih lengkap mengenai cara bermain Jack'$ Milyarder bisa Anda lihat dengan mengklik link ini.

Apa yang akan diperoleh para pemain dalam permainan ini? Yang sudah pasti adalah fungsi utama dari tujuan pembuatan papan permainan ini, yaitu sebagai sarana untuk menghimpunkan kembali sebuah keluarga ke dalam 'suatu proyek' bermain bersama. Karena di dalam bermain bersama itu, secara langsung maupun tidak langsung, sebuah keluarga akan berinteraksi secara intens. Dan itu, tentunya akan merekatkan kembali kekariban keluarga.

Selain itu, di saat bermain, orangtua bisa menjalankan fungsinya sebagai pembina bagi anak-anak mereka. Seorang Ayah misalnya, selama menjadi Jack'$ Milyarder, Ayah dapat terus memberi arahan-arahan kepada anak-anaknya bahkan istrinya di dalam mengelola keuangannya dan berinvestasi. Namun yang terpenting adalah bahwa sebagai Jack'$ Milyarder, seorang Ayah harus memanfaatkan fungsinya untuk selalu memberi peringatan kepada anak-anak dan istrinya agar mengendalikan diri, baik dalam membelanjakan atau tidak membelanjakan uangnya.

Manfaat tambahan dari bermain Jack'$ Milyarder adalah bahwa pada saat bermain bersama, orangtua dapat melihat seperti apa sebenarnya watak anak-anaknya dan kecenderungannya terhadap uang. Juga, bagaimana bakat bisnisnya, intuisinya pada kemungkinan-kemungkinan dalam berinvestasi, instingnya dalam berspekulasi, keberaniannya dalam mengambil resiko, dan sebagainya – yang dari faktor-faktor itu kemudian akan memperlihatkan tingkat peruntungannya dalam situasi-situasi yang menuntutnya harus melakukan gambling. Karena yang terakhir ini merupakan faktor utama yang harus diperhatikan orangtua, apabila akan meminta anaknya untuk mengambil tindakan gambling di saat-saat darurat.

Di mana membeli Jack's Milyarder?

Saat ini, papan permainan ini sudah dipasarkan melalui toko-toko buku terkemuka di Indonesia. Dan papan permainan ini diproduksi dalam 2 versi bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Harganya berkisar Rp. 100.000,-

Namun kalau tak mau repot dan lebih murah, Anda bisa membeli produk ini lewat TNOL Shop. Dan Anda akan mendapat diskon 10%.

Cara pemesanan: (untuk Sementara ini) memesan lewat kolom komentar di bawah tulisan ini, kemudian mentransfer pembayarannya melalui:

Rekening PT. Tiga Delapan Tiga,

BCA Cab. Wisma Milenia, Rek. No.: 005 302 3883

Bukti transfer mohon dikirim melalui facsimile No.: 021 8379 1598 atau E-mail: redaksi@tnol.co.id This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .

Pesanan akan kami kirimkan ke alamat Anda dengan menggunakan jasa pengiriman, dengan biaya kirim:

* Rp. 10.000,- untuk wilayah Jakarta,
* Rp. 30.000,- untuk wilayah di luar Jakarta tapi masih di dalam Pulau Jawa, dan
* Rp. 50.000,- untuk di luar Pulau Jawa.

Namun apabila Anda ingin datang langsung ke TNOL, silakan ke alamat ini:

OH Center, Jalan Tebet Barat Dalam Raya No. 69,

Jakarta Selatan 12190

Telp.: 021 8379 1599, Fax.: 021 8379 1598, E-mail: redaksi@tnol.co.id This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Pemesanan lewat telepon, silakan hubungi: Ika, (021) 8379 1599

No comments: